Solusi Pengobatan Batu Ginjal yang Cepat

Solusi Pengobatan Batu Ginjal yang Cepat РBatu ginjal merupakan salah satu penyakit yang cukup membahayakan dan  perlu penanganan yang tepat. Batu ginjal atau kalkulus uriner merupakan endapan keras yang berasal dari mineral serta garam asam hasil endapan dalam urine yang terkonsentrasi. Ketika melewati saluran kemih, batu ginjal ini akan menimbulkan rasa yang sangat sakit namun tidak menghasilkan kerusakan yang permanen.

Baca juga artikel lain di : https://pengobatanasmak.com/

Maka dari itu pengobatan batu ginjal perlu ditangani dengan penanganan yang tepat. Dalam penanganan penyakit batu ginjal, akan disesuaikan dengan ukuran serta jenis batu ginjal yang dialami oleh penderita. Batu ginjal yang kecil dengan diameter kurang dari 4 mm. Dan penanganannya dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal di rumah agar dapat mengalir keluar melalui urin.

Hal yang paling ringan dan dapat dilakukan oleh semua orang adalah dengan mengkonsumsi air putih ih sebanyak 6 hingga 18 gelas setiap harinya. Hal ini pun dilakukan dengan jarak waktu yang cukup.

Biasanya, mengonsumsi obat pereda nyeri dapat membantu mengeluarkan batu ginjal melalui urin namun dengan resiko rasa sakit dan ketidaknyamanan. Hal ini pun hanya dapat dilakukan untuk pengobatan batu ginjal dengan ukuran diameter tertentu dengan ukuran yang masih kecil.

Sedangkan apabila ukuran batu ginjal telah cukup besar dan lebih 6 mm akan sangat sulit untuk dikeluarkan. Dan bahkan dapat menimbulkan perdarahan, kerusakan ginjal dan infeksi saluran kemih. Sehingga perlu untuk penanganan dokter agar dapat diatasi dengan baik dan tepat. Adapun dokter ahli akan melakukan beberapa hal sebagai berikut.

Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy atau ESWL

Merupakan alat pemancar gelombang suara dengan frekuensi yang tinggi yang akan diarahkan ke posisi batu ginjal. Agar dapat memecahkan batu tersebut untuk menjadi bagian yang lebih kecil serta mudah untuk dikeluarkan melalui urin.

Ureteroscopy

Merupakan pengobatan batu ginjal dengan cara memindahkan batu kecil yang ada pada ureter dengan menggunakan ureteroscope. Dan yang berupa selang dengan dilengkapi kamera agar dapat memasukkan ke dalam ureter ke tempat lokasi dari batu ginjal berada dan memecahkan menjadi lebih kecil agar lebih mudah dikeluarkan melalui urin.

Percutaneous Nephrolithotomy

Menggunakan alat nefroskop untuk jenis batu ginjal yang berukuran lebih besar dengan diameter kurang lebih 2 sampai 3 cm. Dan dilakukan apabila terjadi hambatan atau infeksi yang dapat merusak ginjal, atau rasa nyeri yang parah dan tidak dapat diatasi oleh obat. Batu ginjal akan ditarik keluar atau dipecahkan menjadi bagian kecil dengan menggunakan energi laser

Bedah Terbuka

Adapun tindakan bedah terbuka jarang dilakukan untuk menangani batu ginjal. Karena sudah terbuka biasanya dilakukan untuk jenis batu ginjal dengan diameter yang berukuran sangat besar atau dengan bentuk yang tidak normal.

Penanganan lain yang biasa dilakukan untuk pengobatan batu ginjal dapat diatasi dengan menangani penyebabnya. Seperti kelenjar paratiroid yang terlalu aktif sehingga perlu untuk diangkat.