Solusi Pengobatan Batu Empedu yang Tepat

Solusi Pengobatan Batu Empedu yang Tepat – Batu empedu merupakan timbunan cairan pencernaan yang mengeras yang merupakan endapan di dalam cairan empedu yaitu sebuah organ kecil dibawa hati. Biasanya untuk penanganan batu empedu akan dilakukan dengan bagaimana gejalanya. Batu empedu atau kolelitiasis ini tidak perlu ditangani dengan medis apabila tidak menimbulkan gejala. Hal ini karena batu empedu dapat keluar bersamaan dengan urin. Akan tetapi, hal ini tidak serta merta membuat dokter melepaskan pemantauan. Pasien akan tetap berada dibawah pengawasan dan pemantauan untuk melihat gejala yang dialami oleh pasien.

Baca juga artikel lain di : https://pengobatanasmak.com/

Apabila terdapat gejala seperti nyeri pada bagian kanan atas perut, dokter akan melakukan tindakan dengan pengobatan batu empedu agar dapat mengatasi gejala serta mencegah timbulnya.

Apa yang Anda Lakukan Jika Tidak Menggunakan Pengobatan Batu Empedu?

Operasi

Melakukan tindakan pembedahan ditujukan untuk mengangkat kantung empedu yang dikenal dengan prosedur kolesistektomi. Adapun tindakan kolesistektomi terdiri dari dua jenis yaitu laparoskopi dan kolesistektomi terbuka. Tindakan yang diberikan akan disesuaikan dengan kondisi batu empedu yang dialami oleh pasien.

Kolesistektomi Laparoskopi atau operasi lubang kunci, merupakan metode pengangkatan kantung empedu yang dilakukan dengan laparoskop berbentuk selang elastis tipis dengan kamera bercahaya.

Kolesistektomi Terbuka, merupakan metode pengobatan batu empedu dengan laparoskopi yang tidak bisa digunakan untuk mengeluarkan kantung empedu karena letak kantong empedu yang sulit dijangkau seperti pada pasien dalam kondisi hamil atau pasien penderita obesitas.

Ketika tindakan kolesistektomi dilakukan oleh dokter bedah, dokter bedah pun dapat melakukan eksplorasi pada saluran empedu agar dapat melihat batu yang mengumpat pada saluran empedu.

Tidak adanya kantung empedu pada diri seseorang tidak akan menghalangi aktivitas normal yang biasa dilakukan sehari-hari. Pencernaan makanan dalam tubuh tidak akan berkurang kemampuannya setelah pengangkatan kantung empedu. Hanya saja penderita akan menjadi lebih sering buang air kecil dan mengalami diare ringan dalam jangka beberapa waktu.

Obat-obatan

Obat-obatan merupakan salah satu yang sangat membantu untuk pengobatan batu empedu dengan ukuran yang kecil dan dengan gejala yang bersifat ringan atau tidak mengharuskan penderita untuk melakukan operasi seperti untuk penderita obesitas morbid.

Salah satu jenis obat yang paling sering diberikan adalah ursodeoxycholic acid yang dapat membantu melarutkan batu empedu. Walaupun demikian, pemberian obat ini jarang digunakan karena beberapa alasan yaitu sebagai berikut.

– Membutuhkan waktu 6 hingga 12 bulan untuk dapat melarutkan sebagian besar batu empedu.

– Memungkinkan untuk munculnya kembali batu empedu apabila konsumsi obat dihentikan.

– Hanya dapat dilakukan pada penderita batu empedu akibat kolesterol.

– Penyebab diare ringan.

Itulah beberapa pengobatan batu empedu yang dilakukan dengan penanganan yang tepat disesuaikan dengan diagnosa dan kondisi pasien. Alangkah lebih baik jika anda melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi beberapa obat-obat herbal ataupun obat-obat lainnya yang dianjurkan oleh yang bukan berasal dari ahlinya.